Saturday 21 February 2009

mesin Penerjemah bahasa kucing

Perusahaan Takara, produsen barang mainan terbesar kedua di Jepang, bulan depan berencana akan memasarkan seperangkat sistem penerjemah dari suara kucing ke dalam bahasa manusia.

Target perusahaan ini adalah, sebelum Maret tahun depan, bisa menjual 300 ribu unit mesin penerjemah suara kucing. Juru bicara perusahaan tersebut mengatakan, "Saat ini kami masih belum ada rencana memasarkan produk ini ke luar negeri, namun kelak ada kemungkinan dipasarkan ke luar negeri."

Bagaimana mekanisme kerja alat penerjemah ini? Juru bicara perusahaan itu menjelaskan bahwa saat mesin penerjemah suara mendekati kucing, pelat penunjuk hablur cair akan memperlihatkan 'terjemahan' bahasa kucing.

Harga perangkat penerjemah ini ditetapkan seharga 8.800 yen (US$ 75). Jauh lebih murah daripada harga mesin penerjemah suara anjing ke dalam bahasa manusia --Bowlinqual yang sebesar 14.800 yen (US$ 120). Mesin penerjemah bahasa anjing yang dikeluarkan perusahaan tersebut dengan nama Bowlinqual ini sebelumnya pernah menimbulkan gaung yang sangat besar di pasaran.

Bowlinqual dipasarkan pada bulan September tahun lalu, dan hingga bulan Maret tahun ini telah terjual 300 ribu unit, sampai-sampai persediaan yang ada tidak mencukupi permintaan pasar. Perangkat instalasi ini pada akhir bulan Mei lalu mulai diekspor ke Korea Selatan, dan mulai dipasarkan di Amerika pada bulan Agustus lalu.

(Sumber: Dajiyuan)

0 comments:

ads


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger